Bupati Gunungkidul Melaunching Batik Umbul Udadi Karya SD Negeri Karang Rejek 2


Wonosari ( Wartahandayani.com ) Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melaunching Batik Umbul Udadi yang merupakan batik karya SD Negeri Karangrejek 2, Wonosari. Peluncuran batik ini juga diikuti seluruh wali murid, Selasa (13/6/2023).

Kepala Sekolah SDN Karangrejek 2, Wachid Budiono mengatakan, perintisan batik dimulai melalui kegiatan ekstrakurikuler. Mengacu keputusan Kepala Dinas Pendidikan tentang kurikulum dan Panduan Muatan Lokal Batik Jenjang SD.

“Motif batik yang kita launching ini digagas oleh para guru. Masukan semua guru kita jadikan satu dalam tema besar berjudul Batik Umbar Udadi,” katanya.

Wachid menerangkan, Umbar Udadi memiliki makna hamparan laut bebas yang membentang luas dan didalamya terdapat ekosistem laut yang sangat beragam. Diartikan sebagai Mahakarya Tuhan Sang Pencipta bagi bumi pertiwi Indonesia.

“Tidak lepas dari Gunungkidul yang memiliki garis pantai yang panjang. Didalamnya terdapat kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan wajib kita jaga keberadaanya bagi generasi yang akan datang,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, membatik sudah jadi muatan lokal wajib bagi pelajar kelas 4 hingga 6. Seluruh siswa dilibatkan mulai dari proses menggambar, menyanting , hingga proses pewarnaan. Rata-rata membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu untuk menyelesaikan 1 lembar kain batik.

“Harapannya kedepan batik ini akan menjadi seragam sekolah wajib disekolah kita ( SDN Karangrejek 2),” katanya. 
Bupati Gunungkidul dalam sambutannya mengatakan, membatik sama halnya menanamkan jiwa kebangsaan, meningkatkan nilai lokal dan memberikan keterampilan bagi para pelajar. Kegiatan ini juga mampu menguatkan karakter pelajar sejak dini.

“Peserta didik diarahkan sejak dini mengikuti kegiatan yang positif. Jangan sampai potensi yang besar ini tenggelam karena perkembangan jaman,” tegas Bupati.

Dalam kegiatan bertajuk Gelar Budaya dan Launcing Batik ini Bupati juga mengunjungi stand kuliner dan pameran lukisan serta pameran batik. Hadir dalam acara ini kepala dinas Pendidikan, Kepala  Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Perindustrian,Koperasi UKM dan Tenaga Kerja,tamu undangan.



Bowo/kominfo

Posting Komentar

0 Komentar