Pisang Goreng, "Konco" Nge - Teh Yang Digandrungi - Warta Handayani

Pisang Goreng, "Konco" Nge - Teh Yang Digandrungi

Share This


GUNUNGKIDUL,(WH)- Pisang goreng adalah makanan ringan yang banyak ditemui di Indonesia,  Singapura dan Malaysia. Makanan ini dibuat dari buah pisang, sesudah di kupas kulitnya dipotong-potong sesuai keinginan kemudian di lumuri bersama adonan kental terbuat dari campuran tepung, sedikit garam dan gula selanjutnya digoreng dalam minyak goreng.

Pisang goreng sering ditemui dijual di warung tegal atau warung kopi sebagai makanan pendamping teh atau kopi. Saat ini pisang goreng merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Kadang-kadang pisang goreng diberi topping seperti keju, susu kental manis, cokelat, dan lain sebagainya.

Sejarah pisang goreng konon berawal pada tahun 1511 saat Portugis datang ke kawasan Melayu. Orang Portugis senang sarapan dengan pisang yangtelah dikupas kulitnya, lalu pisang ini dilumuri tepung dan digoreng. Kemudian makanan ini diadopsi oleh masyarakat melayu, termasuk Indonesia.

Ada beberapa variasi pisang goreng seperti pisang molen  yang bentuknya lebih kecil dibalut dengan lilitan adonan tipis kemudian digoreng dalam minyak goreng. Ada satu lagi varian dari pisang goreng yang lebih bisa tahan lama, sehingga bisa di kemas dan dijadikan sebagai oleh - oleh khas, namanya sale pisang goreng , produsen makanan ini banyak di temui di Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Pisang, merupakan golongan buah yang kaya akan kalium, vitamin C, dan lain sebagainya. Diperkirakan terdapat 68 kalori dalam Pisang Goreng (1 iris). Lemak3,58 g,Karbohidrat9,74 g,Protein0,4 g.

Memakan pisang goreng tidak dianjurkan untuk setiap saat. Karena gorengan memberikanefek yang tidak baik bagi tubuh. Antara lain meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan lain-lain.

(Hari)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here