Tradisi Mitoni tetap terjaga di era Milenial - WARTA HANDAYANI

WARTA HANDAYANI

AKURAT-MENGINSPIRASI-BERBUDAYA

Iklan

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H,MOHON MAAF LAHIR & BATIN

Senin, 04 Maret 2019

Tradisi Mitoni tetap terjaga di era Milenial

GIRISUBO,(WH) - Mitoni atau selamatan tujuh bulanan, dilakukan setelah kehamilan seorang ibu genap usia 7 bulan atau lebih. Dilaksanakan tidak boleh kurang dari 7 bulan, sekalipun kurang sehari.Tujuan mitoni atautingkeban agar supaya ibu dan janin selalu dijaga dalam kesejahteraan dan keselamatan (wilujeng, santosa, jatmika, rahayu).

Mbah Paidi salah sesepuh di daerah Ngringin, Tileng, Girisubo menceritakan bahwa mitoni tidak seribet dulu dan sekarsng lebih simple atau mudah cukup dengan nasi tumpeng 7 buah, gudangan, telur dan uborampe yang menghiasinya .

Mbak Onik dan Mas Arif salah satu pasangan muda di Girisubo yang masih menjalankan tradisi tanpa menyimpang dari jalur keagamaan juga berharap antara tradisi dan agama tidak ada gesekan dan juga ini salah satu wujud pelestarian adat tradisi di era milenial ini.

"Ini sebagai wujud syukur atas janin yg dikandung selama 7 bulan dalam keadaan baik dan sehat serta semoga sampai lahirpun masih keadaan baik dan sehat tanpa ada suatu apapun yang kurang , " ungkap pasangan muda tersebut. (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Pages