Pengrajin Gamelan Dusun Balong jadi Idola Kabupaten Lain - WARTA HANDAYANI

WARTA HANDAYANI

AKURAT-MENGINSPIRASI-BERBUDAYA

Iklan

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H,MOHON MAAF LAHIR & BATIN

Selasa, 05 Maret 2019

Pengrajin Gamelan Dusun Balong jadi Idola Kabupaten Lain

GEDANGSARI,(WH) - Kesenian Pagelaran Wayang Kulit memang melekat dengan masyarakat Jawa . kesenian tersebut tidak bisa lepas dari Instrumen gamelan.

Gunungkidul juga mempunyai pengrajin gamelan yang tidak kalah mumpuni dengan kualitas yang sangat bagus, salah satu pengrajin gamelan yang karyanya sudah sampai luar kota bertempat tinggal di Dusun Balong, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari.

Hadi sumatno (55th) mulai mmbuat gamelan sejak tahun1980 di jogja selama 12 th mengikuti orang setelah itu tahun 1995 pulang kampung ke Gedangsari .

"Awalnya hanya ikut orang mas, cuman karena ingin kembali ke kampung sambil mengurusi rumah juga jadi akhirnya lebih memilih memulai sendiri di Balong," ungkap Hadi.

"Biasanya membuat gamelan 1 set komplit dengan durasi lama 4 - 5 bulan . Dibntu anak. Biasanya yang pesan malah dari luar pulau Jawa," imbuhnya.

"Semoga kedepan Pemerintah bisa membantu memfasilitasi dalam hal pemasaran karena salah satu kendalanya adalah itu dan tentu saja modal,"pungkasnya. (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Pages