Rock Balancing, Seni yang Sempat Dikira Hasil Karya Jin - Warta Handayani

Rock Balancing, Seni yang Sempat Dikira Hasil Karya Jin

Share This

NGLIPAR, (WH) – Rock balancing atau stone balancing merupakan teknik menyusun batu dengan posisi tertentu tanpa alat perekat, kawat atau bantuan lainnya. Batu-batu disusun tegak murni dengan ketepatan peletakan antara satu batu dengan lainnya.
Seni rock balancing memiliki beberapa gaya, di antaranya yang dikenal cukup sulit adalah rock stacking. Pada gaya rock stacking, batu-batu disusun secara vertikal. Bahkan ntuk ahli rock stacking, ada yang bisa meletakkan batu berukuran besar di atas batu-batu kecil di bawahnya.
Ada pula gaya classic balance. Untuk gaya classic balance, tak membutuh banyak keahlian seperti gaya rock stacking. Di gaya ini, ada dua batu yang disusun secara horisontal, saling menyangga dalam posisi berdampingan satu sama lain.
Lalu, ada gaya bebas. Pada gaya bebas, si seniman rock balancing bisa memadukan teknik yang dikuasai untuk membentuk suatu susunan yang lebih menarik.
Adapun untuk susunan batu-batu di Sungai Cidahu yang kemudian viral di media sosial, kebanyakan di antaranya menggunakan teknik rock stacking. (Hari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here