Bupati Gunungkidul Mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) di Tiga Kapanewon


Gunungkidul ( Wartahandayani.com )_Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Padukuhan di tiga Kapanewon, Rongkop, Girisubo dan Tepus. Kelompok yang sudah terbentuk ini diharapkan dapat ikut membantu menyampaikan informasi kebijakan pemerintah.

"Saya berharap melalui KIM komunikasi dengan pemerintah daerah akan semakin masif," kata Sunaryanta, Selasa (20/2/2024). 

Pihaknya juga berharap, KIM mampu menjadi forum yang menyebarkan informasi ke masyarakat tentang kebjiakan pembangunan sehingga masyarakat semakin tau arah kebijakan pemerintah sebagai upaya Handarbeni Gunungkidul.

"Jangan sampai masyarakat tidak tahu tentang Gunungkidul masyarakat harus mengikuti dan mewarnai kehidupan di Kabupaten yang kita cintai ini," paparnya.

Selain mengukuhkan KIM orang nomor satu di Gunungkidul ini juga menyerahkan spesimen tanda tangan elektronik kepada lurah se-Kalurahan Rongkop, Girisubo dan Tepus. Tanda tangan elektronik merupakan bagian dari transformasi digitalisasi.

"Semua lurah harus menyesuaikan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak ketinggalan jaman. Contohnya tanda tangan ini tidak perlu saling tunggu untuk mendapatkan tanda tangan lurah," paparnya.

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Setiyo Hartato mengatakan, antusiasme masyarakat untuk masuk bagian dari KIM sangat tinggi. Tercatat Kalurahan Rongkop ada 100 KIM, Girisubo 82 KIM dan Tepus 83 KIM. Mereka sudah dikukuhkan langsung oleh Bupati Gunungkidul.

"Jaringan KIM nantinya dapat digunakan untuk menangkal informasi negatif dan informasi yang tidak jelas kebenaranya. KIM yang mayoritas diisi oleh anak muda diharapkan mampu berperan dalam diseminasi informasi," paparnya.

Lurah Sidoharjo, Kapanewon Tepus Evi Nurcahyani mengatakan, KIM diharapkan pula dapat membantu mengangkat potensi wisata di wilayahnya. Selain itu KIM yang diisi oleh anak muda dapat memberikan informasi perkembangan Gunungkidul kepada masyarakat.

"Tidak usah menunggu waktu lama, setelah dikukuhkan mereka akan solid berselancar memberikan dan menyebarkan informasi tentang potensi yang kita miliki," katanya.

Dalam kesempatan ini Dinas Kominfo juga menggelar Pertunjukan Rakyat (Pertunra) selain sebagai upaya pelestarian kesenian acara ini juga dikonsep menjaring informasi masyarakat  masukan, saran dan harapan yang langsung disampaikan kepada Bupati.
(bowo/red)

Posting Komentar

0 Komentar