Rapat Koordinasi Pengawalan Distribusi Logistik Dan Pengamanan Logistik Pemilu


Gunungkidul ( Wartahandayani.com )_Polres Gunungkidul, Kodim 0730/GK, KPU dan Pemkab.Gunungkidul menggelar rapat koordinasi untuk mendukung kesiapan pungutan suara pada Pemilu 2024 di hotel Shantika, Gunungkidul, Senin, 18/12/ 2023.

Dalam rapat yang di hadiri oleh Dandim 0730/GK Letkol Anton Wahyudo, Komisioner KPU, KA Kesbangpol Gunungkidul, KA Tramtibum Satpol PP dan Kapolsek jajaran tersebut, Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri,S.I.K, yang didampingi oleh Kabag Ops dan PJU, memaparkan perlu adanya prosedur dan kesiapan terhadap personel yang melakukan pengawalan distribusi logistik sampai dengan pengamanan logistik saat di gudang tingkat Kapanewon maupun Kalurahan.
Untuk mendukung proses pendistribusian dan pengamanan logistik pemilu agar berjalan dengan lancar, perlu dilakukan penyusunan konsep pengamanan oleh KPU, TNI dan Polri sehingga pada saat pelaksanaan distribusi dilapangan maupun pengawalan pada pemungutan suara nanti, tidak berpotensi menimbulkan resiko atau gangguan keamanan.

"Prosedur pengamanan dan pengawalan terhadap logistik pemilu perlu dikonsepkan dengan baik, ini untuk menghindari timbulnya resiko gangguan dilapangan maupun proses pendistribusian yang dapat menimbulkan polemik pada saat pemungutan suara mendatang, termasuk peran Satlinmas dalam pengamanan di lokasi pemungutan suara" ucap AKBP Edy Bagus Sumantri,S.I.K.

Dalam rapat koordinasi tersebut Dandim 0730/GK, Letkol Kav Anton Wahyudo menyampaikan bahwa perlu diantisipasi keamanan logistik pemilu dari kerusakan oleh alam, terutama pada saat memasuki musim hujan, sehingga kerusakan logistik pemilu dapat diminimalisir.

"Semua tanggung jawab itu kita angkat bersama dan kami tekankan netralitas bagi TNI Polri di Pemilu 2024 agar tetap dijaga, Kami dari Kodim 0730/GK siap membantu dan menyukseskan pemilu 2024 di wilayah Gunungkidul," tegas Letkol Kav Anton Wahyudo.

Pengamanan logistik pemilu dari gudang KPU ke PPK selanjutnya ke TPS maupun pergeseran kembali ke ke KPU pasca pemungutan suara harus dipastikan aman, hal ini perlu dilakukan untuk mendukung berjalannya Pemilu 2024 dengan aman dan lancar, hal tersebut disampaikan oleh Kabag Ops Polres Gunungkidul AKP Mustaqiem,S.H.

Kotak suara dan kelengkapan lain yang saat ini berada di gudang KPU telah dilakukan pengamanan oleh personel Polri, dan pada saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang, pengamanan dilokasi akan dilakukan oleh TNI, Polri dan Satpol PP dalam hal ini adalah petugas dari Satlinmas, imbuh AKP Mustaqiem,S.H.


Bowo/Humas Polres

Posting Komentar

0 Komentar