Banjir Pengunjung Labuhan Pantai Sadeng Berlangsung Meriah

Girisubo(Wartahandayani.com)_Sedekah Laut atau sekarang disebut Petik laut merupakan kegiatan budaya yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat pesisir pantai dan pada hari ini jum'at 12/08/2022 Pelabuhan Sadeng melaksanakan tradisi itu dengan di hadiri Gusti Yudho negoro P. hd.

Hadir dalam acara itu Gusti Yudho Negoro p. hd, Dirpol Air Polda DIY AKBP Bayu, Kapolres Gk AKBP Edy Bagus Sumantri SIK,  Dan Lanal Letkol Sulistyo,  Kepala Dinas Instansi Prop DIY, KA dinas kelautan kab Gk Krisna Berliana,Ketua IKG,  Kasat Samapta AKP Mustaqim SH, Kapolsek AKP Isnaini SH, Kasi Humas Res GK AKP Suryanto SH, Kasi Propam Res GK Iptu Agus fitriyatno dan nelayan Pelabuhan Sadeng
Dengan menaiki Kereta Kencana Gusti Yudho Negoro memimpin kirab untuk melakukan upacara serah terima sesaji.  Berada di barisan terdepan  Bergodo Demang Wono Pawiro yang di lanjutkan  Pamong Kalurahan Pucung dan Song banyu serta masyarakat nelayan pantai Sadeng, Selanjutnya Gusti Yudha bersama rombongan memasuki ruang khusus untuk ritual sesaji berupa uborampe hasil bumi dan laut yang nantinya akan dilarung ketengah laut.

 Gusti Yudho negoro dalam sambutanya  menyampaikan sebelum berangkat ke pelabuhan Sadeng ini, kami sempat berpamitan pada Ngarso Dalem Sri Sultan Hemengkubuwono ke X, bahwa Beliau berpesan untuk menyampaikan salam hormat kepada masyarakat yang ada di sekitar pelabuhan Sadeng dan kehadiran saya ini ingin mengetahui potensi apa saja yang bisa kita gali dan lakukan di pelabuhan Sadeng ini,

"setelah tahu potensi apa yang perlu kita gali selanjutnya bisa kita bicarakan dengan pemerintah kalurahan dan Pemerintah  Kapanewon Girisubo, Kami sangat mengapresiasi warga masyarakat Sadeng, dalam menjaga kebudayaan sudah sangat baik," kata gusti Yudha.
Sementara itu Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta yang diwakili Kepala Dinas Kelautan Gunungkidul Khrisna Berliana menyampaikan permohonan maaf karena dalam acara Petik Laut Pantai Sadeng tidak bisa hadir karena ada tugas lain yang tidak bisa diwakilkan. Khrisna Berliana juga menyampaikan kita harus bisa menjalankan visi Gubernur DIY, dimana wilayah pesisir selatan memiliki potensi dibidang kelautan,dari 8 titik pendaratan ikan, salah satunya pelabuhan Sadeng,

"potensi laut sangat besar, namun sampai saat ini belum tergarap dengan maksimal, Hal ini dikarenakan masih ada kendala yang dihadapi para nelayan dan masyarakat pesisir,  terutama akses jalan menuju pantai sadeng belum mampu dilalui oleh kendaraan besar," jelasnya Krisna Berliana.

Petik Laut merupakan kegiatan budaya sebagaimana bersih dusun, sedekah bumi atau merti dusun. Hanya saja karena yang melakukan adalah masyarakat nelayan maka acara budaya ini disebut Petik laut atau sedekah laut. Sesaji yang berupa tumpeng dan berbagai macam makanan hasil bumi dan laut di larung ketengah laut. 

Red (bw)

Posting Komentar

0 Komentar