Ubur-ubur Mulai Bermunculan ,Tim SAR Menggimbau Untuk Wisatawan Lebih Berhati-hati Jika Bermain Dipantai


Gunungkidul(Wartahandayani.com)Ubur-ubur beracun di pantai selatan ini bentuknya mirip balon ini mulai ditemukan di beberapa pantai di wilayah Gunungkidul,mulai dari pantai Kukup ke timur. Biasanya hewan ini muncul di bulan Juli sampai September. Namun di tahun ini muncul mulai kemarin hari sabtu(09/07), Kemungkinan hewan ini terbawa gelombang tinggi.

Marjono koordinator Sar wilayah 2 Gunungkidul  menjelaskan kemunculan ubur-ubur tersebut merupakan kejadian rutin setiap tahun dan diprediksi bisa sampai pertengahan september nanti,dikarenakan kondisi gelombang tinggi yang menyebabkan ubur-ubur terbawa ombak hingga ke daratan. 
"kami dari Tim Sar setiap pagi kerja bakti,gotong royong membersihkan biota laut yang muncul setiap musim dingin ,"ungkapnya Marjono minggu(10/07/2022)

Selain itu Marjono juga menghimbau kepada pengunjung terutama anak-anak ketika melihat biota laut ubur ubur yang berwarna biru seperti itu jangan di pegang karena sengatan itu seperti kala jengking,
"jadi harapanya ketika ada korban yang tersengat ubur-ubur untuk segera mengabari Tim Sar kami akan melakukan tindakan pertama dengan membersihkan lalu di kasih saleb, seandainya sampai terlambat kami akan segera bawa RSUD wonosari," jelasnya

Hingga saat ini sudah ada 14 pengunjung yang tersengat dan biota laut itu berwarna biru menggelembung ada serabutnya.

Posting Komentar

0 Komentar