Perpusdes Wakil Kabupaten Gunungkidul Sabet Juara 2&3 Tingkat DIY Dalam Lomba Perpusdes 2019 - Warta Handayani

Perpusdes Wakil Kabupaten Gunungkidul Sabet Juara 2&3 Tingkat DIY Dalam Lomba Perpusdes 2019

Share This

WONOSARI,(WH) - Rabu (08/05/2019) Perpustakaan desa/kelurahan saat ini menjadi bagian dari sistem sosial masyarakat. Peran sebuah perpustakaan menjadi semakin penting dan urgent di era informasi, terlebih di era industri 4.0 yang menegaskan pentingnya manusia-manusia yang memiliki kompetensi functionally literate.

Perpustakaan desa/kelurahan diharapkan dapat menjadi salah satu ajang/arena dalam penyediaan layanan publik yang berkualitas dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. Lomba perpustakaan umum desa/kelurahan diselenggarakan sebagai upaya mencari perpustakaan-perpustakaan dengan kinerja terbaik dan terbukti telah memberikan impact kepada masyarakat. Selain itu, lomba dilaksanakan sebagai sebuah bentuk apresiasi atas layanan perpustakaan yang telah diberikan kepada masyarakat secara totalitas dan berkualitas.
Setelah melalui uji verifikasi dan visitasi oleh tim juri dan panitia, diputuskan bahwa peringkat lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tahun 2019 adalah sebagai berikut:
NoNama PerpustakaanAlamatSkorPeringkat
1Sumber IlmuDesa Balecatur, Kec. Gamping, Kab. Sleman724,00I
2IndikaDesa Sambirejo, Kec. Ngawen, Kab. Gunungkidul689,50II
3Balai PintarDesa Pengkol, Kec. Nglipar, Kab. Gunungkidul652,50III
4PenaDesa Sumberharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman627,50Harapan I
5LenteraDesa Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo601Harapan II
6Sumber IlmuDesa Giripurwo, Kec. Giripurwo, Kab. Kulon Progo574Harapan III

Dengan demikian, Perpustakaan Desa Sumber Ilmu, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman berhak mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam seleksi tingkat nasional yang tergabung di Cluster A. 

Drs. Ali Ridlo, MM. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul saat ditemui tim Warta Handayani sangat bangga dengan prestasi yang diukir oleh Perpusdes Indika Sambirejo dam Perpusdes Balai Pintar Pengkol yang mampu menyabet juara II dan III di tingkat DIY , Semoga tidak hanya sampai disini saja akan tetapi Perpusdes semakin kreatif dan berinovasi untuk tujuan menggerakkan masyarakat agar lebih gemar membaca dan mampu memanfaatkan ilmu yang ada di perpusdes agar bisa diterapkan dalam kehidupan masing - masing.(08/05)

Drs. Ali Ridlo, MM. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Gunungkidul
(Pict by Hary)

"Kemarin juga tim juri juga memberikan kritik saran untuk kemajuan masing masing Perpusdes, baik dari fasilitas, kearsipan dan penataan agar lebih bisa menarik masyarakat dan mampu mendorong secara maksimal masyarakat agar lebih bisa respect terhadap perpusdes dan terapan terapan yang mampu dikembangkan ,"pungkas Drs. Ali Ridlo, MM. 

Sigit Santoso Ketua Perpusdes Balai Pintar Pengkol dihubungi secara terpisah mengaku cukup senang dengan perolehan posisi ke 3  di tingkat DIY akan tetapi menurutnya peringkat dan juara bukan sebagai tujuan akan tetapi sebagai pemecut semangat teman teman penglola Perpusdes untuk lebih giat lagi dalam hal menggerakkan masyarakat agar gemar membaca di Perpusdes.(Hari)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here