Bersih Kali Pego Giriasih Wujud Pelestarian Masyarakat - Warta Handayani

Bersih Kali Pego Giriasih Wujud Pelestarian Masyarakat

Share This

PURWOSARI,(WH)-Jumat (19/4/2019) ratusan warga dan para tamu undangan berbondong-bondong memadati lokasi acara Bersih kali pego di Dusun Ngoro-oro, Desa Giriasih,  Kecamatan Purwosari.

Sarjito tokoh masyarakat yang saat ini mengikuti kegiatan pelestarian budaya di Desa Giriasih memaparkan bahwa  acara Bersih Kali Pego, acara ini dilaksanakan setahun sekali yaitu sehabis panen padi, atau dalam bahasa jawa disebut "Lebar Panen".

Acara ini diselenggarakan oleh tiga Padukuhan, yaitu Ngoro-oro, Wonolagi dan Trasih. Dalam kegiatan ini semua warga berkumpul bersama di Pelataran Gua Pego, yang terletak di Padukuhan Ngoro-oro. Dalam acara ini disuguhkan berbagai aneka masakan hasil olahan warga. Yang paling berbeda adalah adanya syarat makanan yang digunakan untuk sesaji, yaitu Gethuk Ubi Hitam, atau Uwi Ireng.

Turut Hadir pula dari jajaran Forkompinca Kecamatan Purwosari, selain itu hadir juga dari dinas pariwisata, Kebudayaan dan Bapeda Gunungkidul yang sangat antusias mengikuti acara tersebut sampai selesai.



"Semoga kedepannya ada perhatian khusus dari intansi-intansi terkati untuk mengembangkan budaya dan potensi wisata yang ada di sekitaran kecamatan Purwosari mengingat saat ini banyak lokasi yang menarik untuk dijadikan obyek wisata."pungkas Sarjito.(Neli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here